Langsung ke konten utama

Inilah Kunci Utama Keikhlasan


Kalau memang mau terima pahalanya pada hari kiamat, sempurna pahalanya, sebagai penyebab timbangan amal menjadi berat, sebagai penyebab masuk ke dalam surga, maka ikhlaskan niat. Salah satu penyebab utama dari keikhlasan adalah merahasiakan ibadah.

Berapa banyak orang yang mengerjakan solat malam kemudian pada pagi harinya masuk kantor lalu berkata kepada temannya : "pegal badan saya", tanya temannya : "kenapa ?", lalu dia menjawab : "tadi malam tahajud". Kalau anda niatnya ibadah untuk dipuji oleh orang, tidak usah repot-repot malam-malam solat kemudian pagi-pagi diceritakan di kantor. Kalau begitu sama saja, anda ambil sajadah kemudian anda ketuk rumah teman anda malam-malam, tebar sajadahnya lalu berkata : "saya mau solat tahajud, lihat !!", apa bedanya.

Kalau kita dengar para sahabat, para tabi'in, mereka ada yang pergi haji pulang haji tidak ada yang tau kalau dia pergi haji. Mereka pergi berjihad pulang 3 bulan kemudian, teman-temnanya kira dia baru pulang dari perniagaan, padahal dari medan perang. Kalau kita, baru ibadah sedikit saja sudah seluruh orang tau, bagaimana bisa Allah azza wa jalla menerima itu.

Sementara dalam hadis sahih riwayat abu daud dikatakan : "Allah tidak akan menerima sebuah amal, kecuali ikhlas dikerjakan". Ikhlas berarti disembunyikan atau dirahasiakan, kecuali memang harus terang-terangan misal solat berjamaah, itupun kita kontrol, kalau ibadah yang memang dasarnya disembunyikan contoh solat tahajud, solat sunnah, sodaqoh dan lainnya, maka dirahasiakan.

Ada salafu ummah, 25 tahun berinfak dan tidak ada yang tahu kalau dia berinfak termasuk yang menerima infaknya. Disebutkan dalam beberapa riwayat yang sahih bahwasannya ada seorang salafu ummah dari golongan tabi'in dan cucu Nabi saw dahulu, dalam riwayat yang sahih dia menjadikan target setiap malam dia harus membantu 100 keluarga muslim yang miskin di madinah, sehabis tahajud sebelum solat subuh di masjid ia mengambil gandum kemudian dibungkus sekilo-sekilo sampai 100 kilo kemudian ditaruh di karung besar lalu dipikul dan naik kuda, ia menaruh di rumah-rumah orang miskin yang jadi terget, ia menaruh dan langsung meninggalkan tidak mengetuk, selama 25 tahun orang yang menerima infaknya itu tidak tahu kalau dia yang kasih, saking menjaga keikhlasan kepada Allah swt.

Pada saat dia meninggal baru orang tahu bahwa ia yang berinfak, karna bantuan itu berhenti pada saat dia meninggal dan pada saat jenazahnya dimandikan di pundak sebelah kanan ada bekas warna hitam karna sering memikul barang berat.

Maka nasihat luar biasa dari Robi bin Hisyam, dia mengatakan "Rahasiakan amal solehmu".

Komentar

Postingan populer dari blog ini

13 Fakta Kerusakan Peringatan Maulid Nabi

Dalam peringatan maulid yang diselenggarakan, sering terjadi kemungkaran, bid'ah dan pelanggaran terhadap syariat Islam. Peringatan maulid itu sendiri tidak pernah diselenggarakan oleh Rasulullah saw, juga tidak oleh para sahabat, tabi'in dan imam yang empat, serta orang-orang yang hidup di abad-abad kejayaan Islam. Lebih dari itu, tak ada dalil syar'i yang menyerukan penyelenggaraan maulid Nabi saw tersebut. Untuk lebih mengetahui hakikat maulid, marilah kita ikuti uraian berikut: 1. Kebanyakan orang yang menyelenggarakan peringatan maulid, terjerumus pada perbuatan syirik. Yakni ketika mereka menyenandungkan yang artinya, "Wahai Rasulullah, berilah kami pertolongan dan bantuan. Wahai Rasulullah, engkaulah sandaran (kami). Wahai Rasulullah, hilangkanlah derita kami. Tidaklah derita (itu) melihatmu, melainkan ia akan melarikan diri." Seandainya Rasulullah saw mendengar senandung tersebut, tentu beliau akan menghukuminya syirik besar. Sebab pemberi

Keunikan Gambar Stereogram

Stereogram ditemukan oleh by Charles Wheatstone pada tahun 1838. Ia menemukan penjelasan mengenai penglihatan binokular yang menuntunnya untuk membuat streoskop kombinasi dari prisma dan cermin yang memungkinkan seseorang uneuk melihat gambar 3 dimensi dari gambar 2 dimensi. Secara sederhana stereogram bisa diartikan sebagai gambar 2 dimensi yang menyimpan obyek 3 dimensi di dalamnya. Jika dilihat sekilas atau dengan cara biasa, stereogram hanyalah gambar 2 dimensi. Namun kalau dilhat dengan cara khusus, maka kita bisa melihat gambar atau obyek 3 dimensi di dalam gambar tersebut. Kesan tiga dimensi pada stereogram dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu kesan ketinggian (ortoskopik), datar, dan kedalaman (pseudoskopik). Kunci untuk melihat kesan tiga dimensi pada stereogram adalah mata kiri fokus melihat obyek sebelah kiri dan mata kanan fokus melihat obyek sebelah kanan. Jenis-jenis Stereogram : 1.    Single Image Stereogram (SIS) atau Autostereogram, adala

Cara Dzikir Yang Benar Setelah Shalat

Di dalam hadits-hadits shahih disebutkan tentang Nabi saw setelah shalat, beliau membaca istigfar sebanyak 3 kali dengan lafadz,   3X اَسْتَغْفِرُ اللهَ Astaghfirullah. (3x) "Aku memohon ampun kepada Allah" Kemudian beliau membaca,  اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ تَبَرَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَا لَيْتَ يَاذَالْجَلاَلِ وَالْأِ كْرَامِ Allahumma antas-salam wa minkas-salam wa ilaika ya’udus-salam tabarakta rabbana wa ta’alaita ya dzal-jalali wal-ikram.   "Ya Allah, Engkau adalah Zat yang mempunyai kesejahteraan dan dari-Mu kesejahteraan itu kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu.  Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang Maha Tinggi, wahai Zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan." Kemudian beliau membaca,   اللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، لاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ Allahuma la mani'a l