Langsung ke konten utama

Hadits dan Tata Cara Shalat Gerhana


Shalat gerhana adalah shalat yang dilaksanakan sebanyak 2 rakaat. Walau demikian beberapa ulama berselisih akan tata cara shalat gerhana. Ada yang berkata kalau shalat gerhana dilaksakan seperti sholat sunnah biasanya 2 rakaat dengan pada setiap rakaatnya ada gerakan sekali rukuk dan dua kali sujud.

Tetapi ada juga yang mempunyai pendapat bahwa sholat gerhana dilaksanakan sebanyak dua kali rakaat dan pada setiap rekaatnya ada dua kali rukuk dan dua kali sujud. Dan pendapat yang terakhir itulah yang lebih kuat sehingga banyak diambil oleh para mayoritas para ulama. (Shohih Sayid Sabiq Sunnah, 1: 435-437)

Hadits-Hadits Shalat Gerhana
Mungkin beberapa orang dari kita masih belum mengetahui bagaimana tata cara shalat gerhana. Berikut ini ada beberapa hadits-hadits yang tegas mengenai tentang cara sholat gerhana, berikut hadits-haditsnya:

"Aisyah menuturkan bahwa gerhana matahari pernah terjadi pada masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Lantas beliau shallallahu alaihi wa sallam bangkit dan mengimami manusia dan beliau memanjangkan berdiri. Kemuadian beliau ruku' dan memperpanjang ruku'nya.

Lalu beliau berdiri lagi dan memperpanjang berdiri tersebut namun lebih singkat dari berdiri yang sebelumnya. Kemudian beliau ruku' kembali dan memperpanjang ruku' tersebut namun lebih singkat dari ruku' yang sebelumnya. Setelah itu beliau sujud dan memperpanjang sujud tersebut.

Pada rakaat berikutnya beliau mengerjakannya seperti rakaat pertama. Lantas beliau beranjak (usai mengerjakan shalat tadi), sedangkan matahari telah nampak." (HR. Bukhari, no. 1044)

"Aisyah radhiyallahu 'anha menuturkan bahwa pada zaman Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah terjadi gerhana matahari. Beliau lalu mengutus seseorang untuk menyeru 'ASH SHALATU JAMI'AH (mari kita lakukan shalat berjama’ah).

Orang-orang lantas berkumpul. Nabi lalu maju dan bertakbir. Beliau melakukan empat kali ruku' dan empat kali sujud dalam dua raka'at. (HR. Muslim no. 901)

Tata cara Shalat Gerhana
Tata cara shalat gerhana secara ringkas sebenarnya sama seperti pada shalat-sahalat sunnah pada umumnya dengan gerakan dan bacaan yang sama. Berikut ini urutan tata cara shalat gerhana:

  1.  Pertama Takbir Ihram. 
  2. Membaca doa iftitah, berta'awudz, membaca surat Al-fatihah, membaca surat yang panjang seperti Al-imran, Al-baqarah dan lainnya dengan zahr atau bersuara. Seperti pada HR Bukhari dan Muslim berikut: "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menjaherkan bacaannya ketika shalat gerhana." (HR. Bukhari no. 1065 dan Muslim no. 901)
  3. Takbir terus Ruku' dan disunahkan untuk memanjangkannya. 
  4. Kemudian bangkit dari ruku dengan mengucapkan 'SAMI'ALLAHU LIMAN HAMIDAH, RABBANA WA LAKAL HAMIDAH'. 
  5. Lalu i'tidal membaca surat Al-fatihah, membaca surat pendek atau surat panjang lainnya. 
  6. Setelah i'tidal ini tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah dan surat yang panjang. Berdiri yang kedua ini lebih singkat dari yang pertama.
  7. Kemudian ruku' kembali (ruku' kedua) yang panjangnya lebih pendek dari ruku' yang pertama.
  8. Kemudian bangkit dari ruku' (i'tidal) sambil mengucapkan 'SAMI'ALLAHU LIMAN HAMIDAH, RABBANA WA LAKAL HAMIDAH'. ,kemudian berhenti dengan lama.
  9. Sujud, disunahkan pada saat sujud untuk berdoa akan hajat yang akan disampaikan kepada Allah SWT. 
  10. Duduk diantara dua sujud 
  11. Setelah Takbir dan itu sujud lagi. 
  12. Melakukan takbir dan bangkit dari sujud lalu mengerjakan raka'at kedua seperti bagaimana saat gerakan dan baacaan raka'at yang pertama hanya saja dalam bacaan dan juga gerakan-gerakannya jauh lebih singkat dari pada rakaat yang sebelumnya. 
  13. Dan yang terakhir setelah sujud yang terakhir melakukan Tasyahud akhir.
  14. Terakhir Salam.  
Setelah melakukan ibadah shalat gerhana, dianjurkan apabila setelah shalat untuk melakukan istighfar, bersholawat, berdzikir, berdoa, bersedekah dan juga membebaskan budak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

13 Fakta Kerusakan Peringatan Maulid Nabi

Dalam peringatan maulid yang diselenggarakan, sering terjadi kemungkaran, bid'ah dan pelanggaran terhadap syariat Islam. Peringatan maulid itu sendiri tidak pernah diselenggarakan oleh Rasulullah saw, juga tidak oleh para sahabat, tabi'in dan imam yang empat, serta orang-orang yang hidup di abad-abad kejayaan Islam. Lebih dari itu, tak ada dalil syar'i yang menyerukan penyelenggaraan maulid Nabi saw tersebut. Untuk lebih mengetahui hakikat maulid, marilah kita ikuti uraian berikut: 1. Kebanyakan orang yang menyelenggarakan peringatan maulid, terjerumus pada perbuatan syirik. Yakni ketika mereka menyenandungkan yang artinya, "Wahai Rasulullah, berilah kami pertolongan dan bantuan. Wahai Rasulullah, engkaulah sandaran (kami). Wahai Rasulullah, hilangkanlah derita kami. Tidaklah derita (itu) melihatmu, melainkan ia akan melarikan diri." Seandainya Rasulullah saw mendengar senandung tersebut, tentu beliau akan menghukuminya syirik besar. Sebab pemberi

Keunikan Gambar Stereogram

Stereogram ditemukan oleh by Charles Wheatstone pada tahun 1838. Ia menemukan penjelasan mengenai penglihatan binokular yang menuntunnya untuk membuat streoskop kombinasi dari prisma dan cermin yang memungkinkan seseorang uneuk melihat gambar 3 dimensi dari gambar 2 dimensi. Secara sederhana stereogram bisa diartikan sebagai gambar 2 dimensi yang menyimpan obyek 3 dimensi di dalamnya. Jika dilihat sekilas atau dengan cara biasa, stereogram hanyalah gambar 2 dimensi. Namun kalau dilhat dengan cara khusus, maka kita bisa melihat gambar atau obyek 3 dimensi di dalam gambar tersebut. Kesan tiga dimensi pada stereogram dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu kesan ketinggian (ortoskopik), datar, dan kedalaman (pseudoskopik). Kunci untuk melihat kesan tiga dimensi pada stereogram adalah mata kiri fokus melihat obyek sebelah kiri dan mata kanan fokus melihat obyek sebelah kanan. Jenis-jenis Stereogram : 1.    Single Image Stereogram (SIS) atau Autostereogram, adala

Cara Dzikir Yang Benar Setelah Shalat

Di dalam hadits-hadits shahih disebutkan tentang Nabi saw setelah shalat, beliau membaca istigfar sebanyak 3 kali dengan lafadz,   3X اَسْتَغْفِرُ اللهَ Astaghfirullah. (3x) "Aku memohon ampun kepada Allah" Kemudian beliau membaca,  اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ تَبَرَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَا لَيْتَ يَاذَالْجَلاَلِ وَالْأِ كْرَامِ Allahumma antas-salam wa minkas-salam wa ilaika ya’udus-salam tabarakta rabbana wa ta’alaita ya dzal-jalali wal-ikram.   "Ya Allah, Engkau adalah Zat yang mempunyai kesejahteraan dan dari-Mu kesejahteraan itu kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu.  Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang Maha Tinggi, wahai Zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan." Kemudian beliau membaca,   اللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، لاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ Allahuma la mani'a l