Langsung ke konten utama

Perlukah Kelurga Berencana Untuk Umat Islam


Riwayat Imam Muslim, dari Anas bin Malik meriwayatkan sabda Nabi saw, "akulah manusia yang paling banyak pengikutnya pada hari kiamat dan akulah orang pertama yang mengetuk pintu surga", makna hadis ini adalah Nabi Muhammad saw memastikan kalau umat manusia terbanyak adalah umat islam, ini menandakan risalah yang dibawa oleh baginda Nabi saw adalah risalah yang benar sehingga paling banyak pengikutnya, dan dari sisi lain juga menyuruh kita semua yang muslim untuk memiliki andil dalam populasi kaum muslimin.

Seperti pada sabda Nabi saw dalam hadis sahih, "menikahlah dengan wanita yang subur dan juga penyayang karna aku sangat bangga dengan jumlah umatku yang banyak pada hari kiamat". Selain memang ada jaminan dari Allah swt oleh lisan Nabinya Muhammad saw kalau umat islam ini adalah umat yang terbanyak nanti pengikutnya, artinya setiap hari akan bertambah populasi dan akan bertambah jumlah umat islam, walaupun ada orang yang memerangi islam dan juga membenci islam, tetapi islam itu pengikutnya akan menyebar. Juga dari sisi lain kita sebagai umat islam disuruh untuk memperbanyak populasi dalam arti kata keturunan muslim dan ini merupakan sebuah ibadah.

Terutama untuk bapak ibu yang berfikir untuk membatasi keturunan dengan program keluarga berencana atau KB, maka harus dipahami memang ulama membolehkannya dari satu sisi kalau memang dasarnya si wanita akan mendapatkan bahaya jika dia hamil lagi, misalnya berbahaya bagi kejiwaannya atau ada penyakit yang akan menimpa si janin, kalau selain daripada ini hukumnya haram.

Awal dibuatnya program keluarga berencana ini oleh orang-orang Yahudi adalah untuk meredam populasi manusia di Palestina, dan subhanallah tidak satupun masyarakat Palestina menggunakan program ini. Israel pun tidak menggunakan program ini, bahkan kalau diantara keluarga orang-orang Yahudi mau punya anak banyak, maka akan dikasih hadiah penghargaan. Sementara di negara-negara Islam yang mereka sebut negara baru berkembang, sengaja keturunannya diredam, dan yang di ekspos adalah banyak pengangguran, susah pekerjaan dan iklan-iklan KB selalu begitu. Bagaimana bisa anak belum lahir sudah dihubungkan dengan pengangguran, dihubungkan dengan kepadatan penduduk, dan anehnya lagi yang di contohkan adalah di dalam kota yang jelas-jelas sudah padat penduduknya.

Muka bumi ini kalau mau dipakai semua daratannya saja dengan populasi 1000 kali lipat dari jumlah manusia yang sekarang, itu akan masih cukup semuanya, cukup tanahnya, cukup udaranya, cukup makanannya, akan cukup semuanya. Tanah lapang masih banyak, dan yang disoroti adalah seperti ibukota Jakarta yang sudah padat, memangnya kita akan hidup disitu semuanya, ini berbeda sekali dengan kaidah Islam, Islam menyuruh memperbanyak keturunan dan digantungkan padanya sebuah ibadah.

Ibu-ibu juga kalau makin sering melahirkan malah makin sehat, pemahaman yang salah kalau mengatakan orang melahirkan itu malah tubuhnya jadi tidak baik, secara medis melahirkan itu bukan sesuatu yang buruk, kecuali memang kondisi fisiknya tidak sehat. Dalam pandangan agama, Allah sang Maha Pencipta, Maha Kuasa tidak mungkin menyuruh memperbanyak keturunan lalu membuat wanita tidak mampu, itu tidak mungkin. Digantungkan pahala yang besar, mati dalam keadaan hamil/melahirkan, matinya mati syahid, masuk surga tanpa hisab, pahalanya seperti orang yang berjihad.

Juga pendapat para ulama, Allah membuat di dalam perut wanita ada kantong rahim dan kantong rahim itu butuh peremajaan, dan peremajaan yang paling sederhana adalah adanya haid setiap bulannya, memang haid itu harus datang kalau tidak akan sakit wanita itu, dan peremajaan yang paling maksimal adalah nifas, nifas ini keluar setelah melahirkan, maka makin sering melahirkan jadi makin sehat sebenarnya.

Sisi yang lain ada diantara ibu-ibu yang bilang kalau banyak anak pusing mengurusnya, ya memang wajar misal kita punya perusahaan dengan 3 pegawai dan 10 pegawai, tentu berbeda, beda ekstra waktu, beda ekstra energi, tetapi hasilnya pasti lebih besar. 10 orang anak mendo'akan orang tuanya berbeda palahanya dengan hanya 1 orang anak yang mendo'akan, pasti akan lebih besar. Memang awalnya capek, masa tidak mau capek, harus ada upaya, dan jangan bayangkan 10 anak nakalnya, tetapi banyangkan 10 anak hafal Qur'an.

Secara syar'i hamil adalah ibadah, punya anak adalah ibadah, karna anak adalah asset amal jariyah. Dan semua perintah agama pasti syaiton tidak inginkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

13 Fakta Kerusakan Peringatan Maulid Nabi

Dalam peringatan maulid yang diselenggarakan, sering terjadi kemungkaran, bid'ah dan pelanggaran terhadap syariat Islam. Peringatan maulid itu sendiri tidak pernah diselenggarakan oleh Rasulullah saw, juga tidak oleh para sahabat, tabi'in dan imam yang empat, serta orang-orang yang hidup di abad-abad kejayaan Islam. Lebih dari itu, tak ada dalil syar'i yang menyerukan penyelenggaraan maulid Nabi saw tersebut. Untuk lebih mengetahui hakikat maulid, marilah kita ikuti uraian berikut: 1. Kebanyakan orang yang menyelenggarakan peringatan maulid, terjerumus pada perbuatan syirik. Yakni ketika mereka menyenandungkan yang artinya, "Wahai Rasulullah, berilah kami pertolongan dan bantuan. Wahai Rasulullah, engkaulah sandaran (kami). Wahai Rasulullah, hilangkanlah derita kami. Tidaklah derita (itu) melihatmu, melainkan ia akan melarikan diri." Seandainya Rasulullah saw mendengar senandung tersebut, tentu beliau akan menghukuminya syirik besar. Sebab pemberi

Keunikan Gambar Stereogram

Stereogram ditemukan oleh by Charles Wheatstone pada tahun 1838. Ia menemukan penjelasan mengenai penglihatan binokular yang menuntunnya untuk membuat streoskop kombinasi dari prisma dan cermin yang memungkinkan seseorang uneuk melihat gambar 3 dimensi dari gambar 2 dimensi. Secara sederhana stereogram bisa diartikan sebagai gambar 2 dimensi yang menyimpan obyek 3 dimensi di dalamnya. Jika dilihat sekilas atau dengan cara biasa, stereogram hanyalah gambar 2 dimensi. Namun kalau dilhat dengan cara khusus, maka kita bisa melihat gambar atau obyek 3 dimensi di dalam gambar tersebut. Kesan tiga dimensi pada stereogram dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu kesan ketinggian (ortoskopik), datar, dan kedalaman (pseudoskopik). Kunci untuk melihat kesan tiga dimensi pada stereogram adalah mata kiri fokus melihat obyek sebelah kiri dan mata kanan fokus melihat obyek sebelah kanan. Jenis-jenis Stereogram : 1.    Single Image Stereogram (SIS) atau Autostereogram, adala

Cara Dzikir Yang Benar Setelah Shalat

Di dalam hadits-hadits shahih disebutkan tentang Nabi saw setelah shalat, beliau membaca istigfar sebanyak 3 kali dengan lafadz,   3X اَسْتَغْفِرُ اللهَ Astaghfirullah. (3x) "Aku memohon ampun kepada Allah" Kemudian beliau membaca,  اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ تَبَرَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَا لَيْتَ يَاذَالْجَلاَلِ وَالْأِ كْرَامِ Allahumma antas-salam wa minkas-salam wa ilaika ya’udus-salam tabarakta rabbana wa ta’alaita ya dzal-jalali wal-ikram.   "Ya Allah, Engkau adalah Zat yang mempunyai kesejahteraan dan dari-Mu kesejahteraan itu kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu.  Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang Maha Tinggi, wahai Zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan." Kemudian beliau membaca,   اللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، لاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ Allahuma la mani'a l